Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wow, Begini Gempuran Rasa Lempah Kuning ala Pondok Kebun Desa Air Duren !



lempah-kuning-ikan-baung-khas-bangka-belitung
lempah-kuning-ikan-baung-khas-bangka-belitung
Menikmati sajian Lempah Kuning di warung makan di tengah kota bisa jadi hal biasa, meskipun suasana tempatnya didesain sedemikian rupa mirip rumah di kampong, namun rasanya “suasana kampong” itu tak bisa dinikmati secara sempurna apalagi dibandingkan dengan suasana menyantap Lempah Kuning ala Pondok Kebun di desa Air Duren Kecamatan Mendo Barat Bangka ini.

Meskipun pertama kali bertandang, Pondok Kebun bertagline Resep Puhako Ninek (Resep Pusaka Nenek) ini memang menawarkan suasana itu. Lokasinya memang di perkebunan dan hutan pinggir perkampungan Air Duren, kemudian ada pondok terbuat dari atap rumbia,  lantai berpapan kayu bertipe rumah panggung. Pengunjung yang duduk lesehan bakal dihampiri semilir angin khas hutan tropis sesekali ditingkahi nyanyian riang burung madu.

Pondok Kebun yang berusia tak nyampai setahun ini memang terasa “diseriusi “

Kesan serius itu pun terasa pada atraksi utama itu sendiri, Lempah Kuning yang diracik secara khusus ala Bangka Selatan bercampur bahan dari Mendo Barat itu jadilah ia Lempah yang asam, berpadu asin dan pahit pedas lantas memberikan gempuran rasa pada lidah. Seporsi kuah kuning berisi potongan kepala ikan, tomat sayur, dan ubi kayu itu rasanya mampu menarik kembali waktu ke belakang.

Pada suasana masa kecil itu, duduk bersilang kaki menghabiskan sepiring nasi putih hangat dengan lauk Lempah Kuning ikan Baung, berebutan dengan sanak saudara yang lain. Letih sehabis bermain berganti kenyang dan berkeringat puas.

Untungnya, hari itu ikan yang tersaji adalah Ikan Baung yang tak dinyana hadir dalam potongan-potongan segar. Pak Adi sang owner mengaku Baung itu baru saja didapatkan dari para pemancing lokal yang lalu menjualnya ke Pondok Kebun.

“Tak setiap hari, Ikan Baung ini ada, kalian termasuk beruntung,” ucapnya bersemangat dan meyakinkan. Mencoba meyakinkan kami bahwa sepertinya hari itu, Lempah Kuning yang kami nikmati termasuk pada definisi dan sejarah Lempah Kuning itu sebenarnya.

Baca Sejarah Arti dan Makna Lempah Kuning menurutpara Ahli

Sepertinya resep dari Nenek terbukti ampuh memberikan sensasi sederhana namun mematikan. Sederhana pada racikannya, namun mampu memberikan kejutan rasa, yang tak biasa.


Rasa tak biasa itu pun ditambah dengan minuman es teh dalam wadah cangkir berbahan bambu. Namun bukan sembarang teh manis, sebab es teh manis diracik dengan tanaman Serai. Sajian khas pondok ini seolah-olah memberi kejutan rasa yang kedua kali. Segar dan gurih !.

Meskipun terletak di pinggir kota, agak sedikit jauh dari keramaian, Pondok Kebun ini tampaknya mampu menarik pengunjung. Justru faktor jauh ini menjadi semacam nilai tambah. Ada semacam rasa petualangan kuliner tersendiri.

Bagi pecinta Lempah Kuning, Saya yakin anda tahu harus melakukan apa.

bahan-lempah-kuning-ikan-baung
bahan-lempah-kuning-ikan-baung

es-teh-manis-serai-lempah-kuning-pondok-kebun
es-teh-manis-serai-lempah-kuning-pondok-kebun

es-teh-serai-pondok-kebun-enjoy-bangka
es-teh-serai-pondok-kebun-enjoy-bangka

lalapan-khas-bangka
lalapan-khas-bangka

lempah-kuning-ikan-baung-enjoy-bangka
lempah-kuning-ikan-baung-enjoy-bangka

rusip-makanan-khas-bangka-belitung
rusip-makanan-khas-bangka-belitung

ubi-kayu-pada-lempah-kuning-khas-bangka
ubi-kayu-pada-lempah-kuning-khas-bangka


Posting Komentar untuk "Wow, Begini Gempuran Rasa Lempah Kuning ala Pondok Kebun Desa Air Duren !"