Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Maestro Seni Bangka Belitung, Baidjuri dan Batman Raih Anugerah Kebudayaan Indonesia

bajuri-dan-batman-babel
bajuri-dan-batman-babel sumber babelporv.go.id

Ini berita yang membanggakan bagi dunia seni di propinsi Bangka Belitung karena dua tokoh pemusik yang juga maestro seni Bangka Belitung mendapatkan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI). Seperti dikutip dari babelprov.go.id, dua maestro seni dan kebudayaan asal Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Batman dan Baidjuri mendapatkan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) yang diserahkan langsung di Ruang Tanjung Pendam Kantor Gubernur Babel, Rabu (10/03/2021).

 

Memang kedua tokoh ini sejak lama menekuni lagu daerah Bangka Belitung. Diketahui Batman adalah seorang maestro yang melestarikan seni campak Dalung, sedangkan Baidjuri seorang maestro yang melestarikan seni pertunjukan daerah. 


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) dan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov. Babel) berikan apresiasi kepada para maestro yang telah berjasa dalam mewariskan pengetahuan dan keterampilannya yang berakar pada nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia kepada para generasi muda.

 

“Apresiasi ini selain sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan atas karya budaya yang telah dihasilkan, juga diharapkan menjadi stimulus bagi konsistensi dalam usaha pemajuan kebudayaan yang telah dilakukan,” ujar Wagub Abdul Fatah.  

 

Hal ini sejalan dengan visi Pemprov. Babel  yang ingin menjadikan kebudayaan sebagai basis dalam memperkuat karakter masyarakat sekaligus memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata.

 

“Karena banyak sekali aspek budaya yang bisa diangkat ke tingkat yang lebih luas,” ungkap Abdul Fatah.

Pada kesempatan itu, penerima penghargaan Maestro Seni Tradisi Babel tersebut mendapatkan bantuan uang operasional sebesar Rp25 Juta dari Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan yang diserahkan secara langsung.

 

Sesaat setelah menyaksikan penampilan seni campak Dalung, disampaikan oleh Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan yang diwakili oleh Wawan Yogaswara, bahwa dasar penerima penghargaan maestro seni tradisi ini dipilih berdasarkan persyaratan dan kriteria penilaian, keunikan karya, kelangkaan warisan karya budaya, pengabdian, dan upaya pewarisan terhadap budaya tradisi yang ditekuni kepada generasi muda.

 

Wawan pun berharap, para maestro terus berkarya agar menjadi inspirasi generasi muda. Kemendikbud telah memberikan Anugerah Kebudyaan Indonesia kepada para maestro sejak tahun 2007.

 

“Saya harap para maestro dapat terus berkarya. Karena mereka adalah begawan budaya yang diharapkan menjadi inspirasi generasi muda untuk lebih peduli dan melestarikan kebudayaan,” pungkasnya.

Sumber: 

Dinas Kominfo

Penulis: 

Khalimo

Fotografer: 

Saktio

Editor: 

Natasya

 

Posting Komentar untuk "Dua Maestro Seni Bangka Belitung, Baidjuri dan Batman Raih Anugerah Kebudayaan Indonesia "