Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumah Adat Khas Masyarakat Bangka Belitung, Sekilas Pondok Kebun di Bangka

pondok-rumah-adat-bangka-belitung
pondok-rumah-adat-bangka-belitung

Sebagai salah satu masyarakat agraris, penduduk di pulau Bangka kebanyakan berpenghidupan dari berkebun lada. Lada bermerek "White Pepper Muntok" sudah mendunia dan terkenal di mancanegara.

Dari segala macam hal yang berkenaan dengan perkebunan lada, seperti tanaman lada yang khas seperti sirih, tanah dan kontur geografi lahan, petani dengan segala keluh kesahnya, ada yang khas yakni tentang rumah sementara atau pondok kebun.

Pondok biasa disebut biasanya beratap ijuk dan berdinding papan kayu dan berlantai batangan log kayu berdiameter lima sampai dengan tujuh centimeter.

Dibuat dengan fondasi rumah panggung berukuran sekitar 36 meter persegi. Di dalamnya ada tiga atau dua tahapan lantai nya. Pada umumnya, model dapur pondok dibuat lebih rendah dibanding tempat berkumpul utama yang biasa digunakan untuk ruang istirahat.

Sehingga wajar bila pondok kebun di Bangka mencerminkan keunikan dan karakter rumah adat Bangka Belitung.

Rumah adat ini biasanya dibuat tidak begitu permanen sehingga mudah untuk berpindah seiring kebun berpindah lokasi juga.

Selain di kebun lada, pondok juga didirikan di Kelekak. Kelekak penyebutan untuk kebun berupa tanaman buah-buahan, semisal durian, rambutan, mangga, dan sebagainya.

Berikut, foto-foto rumah adat bangka belitung dimaksud.


rumah-adat-bangka-belitung
rumah-adat-bangka-belitung

rumah-adat-pulau-bangka-belitung
rumah-adat-pulau-bangka-belitung

rumah-khas-adat-bangka-belitung
rumah-khas-adat-bangka-belitung

rumah-khas-pulau-bangka-belitung
rumah-khas-pulau-bangka-belitung

Posting Komentar untuk "Rumah Adat Khas Masyarakat Bangka Belitung, Sekilas Pondok Kebun di Bangka"