Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Wafaq Tolak Bala ; Ritual Adat Rebo Kasan

Guci tempat air WAFAQ
Kumandang azan terdengar di pagi pukul 9 lewat, tidak biasanya dan janggal. Lepas dari itu suasana sempat hening sejenak, perlahan-lahan tetua itu beranjak menuju guci berhias daun kelapa. Ia  lalu merapalkan semacam mantera. Tak berapa lama, piring kecil beraksara arab itu dimasukan ke dalam guci berisi air.

Sejumlah panitia kemudian membagikan ketupat lepas kepada tamu udangan. Doa-doa tolak bala mulai dipanjatkan. Pada akhir doa, di hitungan ketiga kata amin. Serentak ujung daun ketupat itu ditarik bersama-sama. Satu ketupat lepas untuk dua orang.

Acara tak berhenti disitu, beramai kemudian orang mendatangi guci meminta airnya. Itulah air wafaq. Sebuah air yang dipercaya bisa menghalau bala. Ada yang membawa gelas, bekas botol minuman untuk menyimpan airnya.

Kemudian mereka menuju ruangan disamping masjid, dimana dulang berisi ketupat dan lauk pauknya telah dihidangkan. Ritual diakhiri dengan makan bersama.

Ritual ini diadakan pada hari Rabu terakhir di bulan Shafar. Bulan ini dipercayai oleh masyarakat Melayu pesisir bahwa Allah SWT menurunkan 320.000 bala kepada umat manusia. Dan ritual itu adalah medium memohon ampun dan bermunajat agar dijauhkan dari bala.

Masyarakat menyebutnya Rebo Kasan. Berasal dari kata “Rebo Kasat”yang berarti Rabu terakhir di bulan Shafar. Kumandang azan, pencelupan air wafaq, pelepasan ketupat lepas serta meminumnya adalah puncak ritual dari Rebo Kasan itu sendiri.

Salah satu masyarakat melayu yang masih menjalankan tradisi ini adalah masyarakat desa Air Anyir di Kecamatan Merawang Bangka. Merupakan tradisi yang telah berusia ratusan tahun. Sejak abad ke-16, nenek moyang mereka sudah menjalankan ritual ini.

Pada masa itu, nenek moyang mereka biasanya melaksanakan shalat sunnah empat raka’at dengan membaca satu kali al Fatihah, Al Kautsar sebanyak 17 kali, Al Ikhlas sebanyal lima kali, Al Falaq dan An Nas satu kali pada tiap-tiap raka’at nya,

Kemudian dua helai daun kelapa  yang dicabut dari ketupat itu dihanyutkan ke laut. Suatu symbol bahwa bencana telah dibuang ke laut. Pada masa itu ritual dilakukan di Pantai Batu Karang Mas  (sekitar 1 km dari Desa Air Anyer).

Meskipun kini ritual di laksanakan di depan masjid namun nuansa magisnya masih terasa. Sebuah bentuk kearifan lokal tersendiri. Pada hari itu, masyarakat desa membuat beragam makanan untuk dihadirkan kepada tamu undangan.
 
Adat Nganggung dilaksanakan secara beramai ramai. Masyarakat luar pun boleh bertandang ke Air Anyer untuk bersama-sama merasakan keramahan dan rasa berbagi antar sesama.

Kemudian, perayaan tradisi ini dilanjutkan dengan menikmati suasana pantai Air Anyer yang berpasir putih. Menanjak siang hari, pengunjung yang datang ke Air Anyir semakin bertambah banyak. Diantaranya ada yang hendak menemui saudara, keluarga, teman bahkan bagi mereka yang tiada kenal siapapun boleh berkunjung dan menikmati hidangan. (aksansanjaya)

 
 
 
 
Pembacaan doa2
Menaruh ke dalam Guci
Piring Bertuliskan mantera Rebo Kasan
Ketupat Lepas Rebo Kasan Air ANyer
 
Setelah mencabut Ketupat Lepas Air Anyer

Rebutan Minum Air Wafaq




Rebo Kasan Air Anyer



5 komentar untuk "Air Wafaq Tolak Bala ; Ritual Adat Rebo Kasan"

Garuda Indonesia BO Pangkalpinang 25 Januari 2012 pukul 11.14 Hapus Komentar
waaah thks brader sharing nya sangat bermanfaat
taufiq369 26 Januari 2012 pukul 06.02 Hapus Komentar
Keren.... Bisa masuk majalah bro
aksansanjaya 26 Januari 2012 pukul 11.30 Hapus Komentar
trims buat om Garuda, i wish ..amiinn
aksansanjaya 26 Januari 2012 pukul 11.31 Hapus Komentar
mokaseh juga buat om Taufik, sharing2 semoga manfaat kek sesama, kite punye budaya yang arif gitu
maulana able 27 Januari 2012 pukul 07.26 Hapus Komentar
sip bro.