Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simple Area for Fotografi

Terkadang sesuatu yang dekat di sekitar bisa menjadi space yang menarik untuk ajang foto-foto. Rerumputan yang tumbuh di sekitar teras rumah. Dengan bunga yang tumbuh liar dapat menjadi latar dari sebuah foto yang aduhai. Ilalang yang tumbuh bebas di pekarangan rumah, juga dapat menjadi background utama dari sebuah subyek.

Ornamen-ornamen hidup ini menjadi pelengkap dari sebuah foto. Kekontrasan dapat diraih secara maksimal dengan memanfaatkan ornamen ini. Apalagi jika berbicara tentang portrait atau model photography. Bermain-main dengan ujung dedaunan, bunga dari rumput liar akan menghasilkan frame yang menarik.


Ditambah dengan komposisi yang apik. Penempatan subyek utama diantara space atau bidang bidik. Elemen-elemen hidup ini dapat menjadi background sekaligus foreground yang apik. Dari beberapa foto berikut saya mencoba memanfaatkan pekarangan radio Dunia Dangdut Sungailiat yang bertempat di Taman Hiburan Rakyat Sungailiat.


Saya mencoba mengeksplore ornament-ornamen hidup ini. Diantaranya ilalang yang tumbuh subur. Rumput-rumput liar dengan bunga liar yang tumbuh disela-sela paving block yang lapuk. Dalam foto berikut saya mencoba bereksperimen dengan ornament tersebut. Hijau menjadi dominan.

Pemanfaatan lensa fix juga saya maksimal untuk mempertegas obyek foto. Diharapkan dengan ruang sempit yang tipis, isolasi obyek akan dapat dicapai. Focus dari sebuah foto pun akan jelas.







Berhubung, foto-foto karena dadakan makanya, unsur kostum tidak menjadi perhatian. Kalau untuk foto yang lebih wow, pemanfaatan kostum yang cerah semacam merah atau kuning bias menjadi pertimbangan. Selamat menikmati.(Aksansanjaya)

2 komentar untuk "Simple Area for Fotografi"

Anonim 12 Februari 2011 14.20 Hapus Komentar
Ini pakai kamera apa, bang?
basically, saya pengen banget mahir fotografi.... tapi cuma punya kamera saku Canon doang... ada ide untuk memanfaatkan kamera itu agar lebih menarik hasilnya??????????
bloggerbangka 18 Februari 2011 09.39 Hapus Komentar
kamera nikon bang,
mengenai gear, jadi inget istilah
"man behind the gear", bagus ato tidaknya foto bukan karna gear semata, namun orang yang mengendalikan kamera itu,
hasilnya akan menarik, terus foto dan banyak belajar....