Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemuda Bangka dirikan HIMPA PUCUK IDAT

Peduli Lingkungan
Pemuda Bangka bentuk HIMPA Pucuk Idat


Sebanyak 40 muda mudi yang merupakan siswa siswi SMP, SMA/ SMK serta mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi (PT) di Bangka melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai di Tanjung Belayar desa Rambak Kecamatan Sungailiat pada minggu (17/1) kemarin. Selain bersih-bersih pantai, mereka juga melaksanakan kegiatan penghijauan lahan kosong di tepi pantai dengan menanam sekitar 100 batang pohon jenis Pinus, Pinang dan Kelapa.
Kegiatan tersebut adalah puncak dari kemah “Pengukuhan Pengurus Himpunan Pencinta Alam (HIMPA) Pucuk Idat” yang berlangsung pada Sabtu Minggu (16-17/1) kemarin. Bertempat di pantai Tanjung Belayar Rambak Sungailiat, para peserta yang berasal dari sejumlah sekolah dan PT tersebut dikukuhkan sebagai pengurus dalam organisasi yang baru dibentuk tersebut. Dalam susunan inti, Anshori Muslim,S.S.,M.Si didaulat sebagai Pembina, dan Alamsyah dikukuhkan sebagai Ketua HIPMA Pucuk Idat.





Menurut Alamsyah, selaku ketua, HIPMA didirikan dengan maksud untuk menghimpun pemuda agar secara bersama-sama peduli dan mau melestarikan lingkungan. Selain itu, pembentukannya juga bertujuan mendukung program pemerintah kabupaten Bangka dalam mempertahankan Adipura serta ikut mendukung program Visit Babel Archi yang baru saja digulirkan tahun ini.

HIMPA Pucuk Idat merupakan organisasi kepemudaan yang telah sah berbadan hukum. Untuk saat ini kesekretariatan dipusatkan di Jl. Senang Hati 5 Sungailiat. Kehadirannya diharapkan mampu membentuk kader-kader muda yang peduli pada pelestarian lingkungan. Sebab, diharapkan nanti para pengurus yang telah dilantik agar dapat membentuk kegiatan pencinta alam atau sejenis di sekolah masing-masing.




“ Berbeda dengan organisasi sejenis, HIMPA Pucuk Idat hadir dengan tekad untuk memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, keanggotaannya terbuka untuk umum, jadi siapa saja boleh bergabung asal punya visi dan misi untuk melestarikan lingkungan.” ungkap Alam.

Alam juga mengharapkan agar pemerintah dapat mendukung sejumlah rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di masa mendatang. “Meskipun baru terbentuk, HIMPA Pucuk Idat berkomitmen untuk langsung terjun ke lapangan membenahi lingkungan minimal sebulan sekali,” tukasnya. (Penulis/ Wakil Ketua Bidang Humas HIMPA Pucuk Idat)

4 komentar untuk "Pemuda Bangka dirikan HIMPA PUCUK IDAT"

denil 25 Februari 2010 pukul 12.34 Hapus Komentar
mang lagi nanem ape ik di syu ,btw mcm mne kbr pulau kite di sinu...agi bnyk dk urg gw ti.salam kngen kek pulau bangka
bloggerbangka 1 Maret 2010 pukul 09.31 Hapus Komentar
pulau kite bulong2 lah gik e, biar lah sering ade penghijauan, heee....Ti tetep ade e..ni lah sumber ekonomi e, pulang se ke Bnk...kite bangun bangka. aok urang ni nanem kelapo kek cemara
Anonim 12 Mei 2010 pukul 09.41 Hapus Komentar
Aslmkm,slamet pagi mang?kite bjumpa agi..dak bosen kan mang?hehe..
Btw ,bleh tnya dk,,
mamang/bpak slaen di bangka sering ke luar pulau dak. Men sering di mane ge amang sering bersingga,dan ape tujuan e..
Q jd prihtin kek kondisi pulau kite,q takut tengglem d air kulong ti.hehe
Anonim 14 Mei 2010 pukul 17.29 Hapus Komentar
Sore mang,ape kbr bangka suat ne,ada kemajuan ape dk dari sebelum e.