Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Kelekak di Pusdiklat Kemdikbudristek, Banyak Pohon Buah disini !

Gedung Pusdiklat kemdikbudristek


Kesan pertama berkunjung ke Pusdiklat ini adalah asri dan nyaman. Pepohonan rindang menaungi jalan dan gedung-gedung di area ini. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi (Pusdiklat Kemdikbudristek) yang berlokasi di Jalan Raya Ciputat Parung Depok Jawa Barat tampaknya memang terkesan established dan kokoh.

Mungkin ingin menciptakan kesan yang formal, elegan sekaligus qualified bagi insan-insan Aparatur Sipil Negara yang mengabdi di Kemdikbudristek. 

Pelayanannya baik dan ramah, staff selalu tersenyum dan ramah menyambut para tamu yang datang. Satuan Pengamanan pun tak segan-segan mengulurkan tangan untuk membantu para undangan yang berkunjung, sekadar mengantar ke gedung penginapan yang tersebar atau menunjukkan arah suatu tempat bagi mereka yang baru berkunjung ke Depok.

Ini pengalaman pribadi saja, tidak bermaksud untuk memuji terlalu berlebihan. Namun memang Pusdiklat Kemdikbudristek baru-baru ini meraih Akreditasi B untuk Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat 2. Bahkan Akreditas A untuk pelatihan-pelatihan Dasar CPNS atau Kepemimpinan Nasiona.

Namun for sure, dan ini yang paling menarik bagi saya pribadi adalah lingkungan Pusdiklat yang keren. Saya merasa amazed bahwa pepohonan yang ditanam di sela-sela gedung dan jalan sebagian besar didominasi oleh pohon buah-buahan tropis. Anda akan menjumpai pohon rambutan, mangga, kueni, nangka, kelapa, dan masih banyak lainnya.

Istilah di Bangka, konsep penanaman pohon yang banyak berupa buah-buahan ini disebut Pohon Kelekak. Kelekak di Bangka utamanya berisi pohon durian, manggis atau mangga sama seperti halnya di Pusdiklat ini.

Ini sesuatu yang keren bagi saya pribadi. Peserta Diklat akan tambah betah meskipun lelah berjam mengikuti pelatihan. Rasa lelah akan hilang ketika jalan dan duduk santai di saung-saung yang berada di embung pada pagi atau sore hari.

Berikut foto-foto sekilas area Pusdiklatkemdikbudristek yang saya abadikan dengan Smartphone Redmi 9 Note Pro.

Foto Embung di Pusdiklat Kemdikbud

Pulau Buatan di Embung Pusdiklat Kemdikbud

Jembatan Merah Embung Pusdiklat Kemdikbud

Jembatan Merah ke Pulau di Pusdiklat Kemdikbud

Selasar di Pusdiklat Kemdikbud

Gedung Utama di Pusdiklat Kemdikbud

Patung Ganesha di Pusdiklat Kemdikbud

Teratai Gedung Utama Kemdikbud

Gedung Utama Pusdiklat Kemdikbud Depok

Taman di Pusdiklat Kemdikbud Ristek

Kolam Air Pusdiklat Kemdikbud




Posting Komentar untuk "Ada Kelekak di Pusdiklat Kemdikbudristek, Banyak Pohon Buah disini !"