Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pohon Mentigi di Pantai Tanjung Tinggi Belitong

pohon-kayu-mentigi-di-pulau-bangka
pohon-kayu-mentigi-di-pulau-bangka
Pohon Mentigi atau Stigi, yang dikenal dengan nama ilmiah Pemphis Acidula, adalah tanaman yang sering ditemui di kawasan pantai pesisir di Indonesia, termasuk di pulau Bangka dan Belitong. Tempo hari ketika berkunjung ke pantai Tanjung Tinggi pulau Belitong, saya tanpa sengaja berjumpa dengan rimbunan pohon Mentigi yang tumbuh perkasa di areal pesisir di pantai tersebut.
Seperti dikutip dari greeners.co, pohon stigi menjadi salah satu tanaman yang dapat dijadikan bonsai. Karakteristik tumbuhan, mulai dari akar, batang, percabangan, daun, bunganya yang khas, ditambah dengan daya tahan tumbuhan dan pertumbuhannya yang lambat menjadikan pohon ini sebagai tumbuhan favorit di kalangan pencinta bonsai, bahkan memiliki harga yang sangat mahal.


akar-kayu-mentigi-di-pantai-tanjung-tinggi
akar-kayu-mentigi-di-pantai-tanjung-tinggi
Ancaman terbesar tumbuhan ini adalah meningkatnya konversi lahan, polusi dan bencana alam. Selain itu penebangan liar juga membuat keberadaan pohon ini semakin susah dijumpai di habitat alaminya. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat mencari pohon stigi karena pohon ini dipercaya dapat menjadi obat herbal alternatif dengan manfaat seperti meredakan rasa sakit, menyembuhkan reumatik dan diabetes, serta meringankan penyakit kanker. Namun manfaat-manfaat klinis ini masih memerlukan kajian yang mendalam. Selain itu, bagi sekelompok orang, batang pohon stigi dipercaya memiliki kekuatan magis.
Maka dari itu, sebagai tumbuhan yang sulit dijumpai, pohon stigi masuk ke dalam salah satu komoditi yang dilindungi oleh pemerintah. Untuk memperolehnya, tidak bisa asal di tebang, harus memiliki surat khusus dan tujuan tertentu yang jelas manfaatnya.
berikut foto-foto pohon Mentigi, semoga dapat memberikan wawasan tersendiri dan kesadaran untuk tetap menjaga kelestarian pantai tanjung Tinggi.
akar-kayu-mentigi-pantai-tanjung-tinggi-bangka
akar-kayu-mentigi-pantai-tanjung-tinggi-bangka

akar-kayu-mentigi-pulau-belitong
akar-kayu-mentigi-pulau-belitong

daun-kayu-mentigi-di-indonesia-bangka
daun-kayu-mentigi-di-indonesia-bangka

daun-pohon-mentigi-di-pulau-bangka
daun-pohon-mentigi-di-pulau-bangka

pohon-mentigi-di-pantai-belitong
pohon-mentigi-di-pantai-belitong

2 komentar untuk "Pohon Mentigi di Pantai Tanjung Tinggi Belitong"

Anonim 22 November 2019 pukul 02.06 Hapus Komentar
Greate post. Keep writing such kind of info on your blog.
Im really impressed by your blog.
Hey there, You've performed a great job. I'll definitely digg it and for my part suggest to my friends.
I'm sure they'll be benefited from this web site.
fodboldtrøjer NateFoust fotballdrakter barn NganSilve
TobiasSch fotballdrakter barn CarmeloGe
Anonim 11 Agustus 2023 pukul 10.38 Hapus Komentar
Terimaksih info edukasi tentang pepohonan di Babel. Mentigi itu saya ketauhui dari sebuah lagu rakyat belitung, Akhirnya jadi mengetahi pohon Mentigi tersebut. Besar harapan Pohon Mentigi masih banyak di Belitung, dan dilestarikan kaum muda sekarang.