Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indonesia; Sebuah Maha Karya Tuhan


raja ampat
  Menikmati Indonesia bisa dimulai dari Sumatera, menikmati semilir angin Danau Toba. Danau terbesar di Indonesia. Lepas itu, menikmati kelok 88 dan ngarai Sianok yang terkenal itu. Tentu saja tak lupa mencicipi gulai daging, salah satu makanan terlezat di dunia, Rendang. Kemudian menyusuri jajaran bukit Barisan. Ia yang berbaris memanjang itu mengantarkan kita singgah di Jembatan Ampera. Membelah sungai Musi hingga membagi Palembang, jadi seberang Hilir dan Hulu itu. Kulinernya, adonan sagu dengan ikan Belida, Empek-empek yang disajikan dengan kuah.
Meminjam kata Bondan Winarno, Empek-empek maknyuss. Pantang dilewatkan.

Ingin melihat Gajah dan Orang Utan?, hampiri Jambi, Bengkulu dan Lampung. Tiga kawasan itu punya fauna yang langka. Ada bunga Raflesia Arnoldi, bunga yang terbesar.
Dan jejak langkah di Sumatera berakhir di Lampung. Melihat keceriaan anak laut berebutan koin uang dari jalur penyeberangan Bakaheuni Merak itu sembari menatap kemegahan anak Gunung Krakatau aktif.
Bila sempat, kunjungi Laskar Pelangi, Bangka Belitung tawarkan pesona alam pantai tiada duanya. Bebatuan granit raksasa seolah muncul dari air yang jernih. Membentuk landscape alam menarik hati.
Di Jawa, Jakarta punya tempat bagi pelancong-pelancong macam gaya. Ingin fashion, elektronik ini pusatnya. Atau ingin suasana yang sejuk, lewati Bogor dengan perkebunan teh nya itu. Suasana alamnya itu bikin Kebun Raya Bogor selalu menyemut dikala libur. Ada Bandung, sebuah “kota mode”. Banyak seniman muncul disini. Alamnya khas pegunungan. Tangkuban Perahu tawarkan pesona tersendiri. Menikmati bajigur atau bandrek saat kemping di kawasan Ranca Opas dijamin bikin ketagihan.
Lepas itu, kunjungi Yogya, kota Pelajar kaya budaya Jawa. Ada Istana Sultan dan candi-candi. Ada pula gunung-gunung indah. Bromo salah satunya, melihat suku Tengger adakan Kasada. Melempar sesaji ke kawah Bromo. Ia yang diwaktu sunrise, memberikan magnitude alam luar biasa. Bagi fotografer, Bromo adalah wajib dikunjungi.  
Dan Bali adalah surganya wisatawan, keindahannya perpaduan budaya dan alam. Semacam candu bagi seluruh dunia. Ia bahkan terkenal dari kata Indonesia. Bali dalam banyak referensi, adalah salah satu maha karya alam. Tiada sangsi.
Perjalanan boleh dilanjutkan ke Borneo atau Kalimantan. Hutan tropis menghijau membentuk permadani. Masyarakat Dayaknya akan mengantarkan kita menyusuri sungai Kapuas itu. Bila beruntung melihat orang Utan bercanda ria di sela pepohonan raksasa. Sulawesi, ada ragam fauna. Ada pantai losari. Duduk santai menikmati sunrise pinggir kota.  Suku Bugis dengan tabiat dekat dengan laut. Laksana sanak saudara itu.
Semakin ke Timur, pesona alam semakin eksotis. Ada Komodo, yang tersisa dari masa prasejarah, reptile langka yang cuma ada di pulau Komodo, flores.
Ke Papua, ada suku-suku pada tiap lembahnya. Hutan Tropis dan perbukitan itu membuat mereka akrab pada alam. Dan yang maha karya itu salah satunya adalah, Raja Ampat, sebuah gugusan pulau kapur yang seolah muncul dan memagari lautan itu. Ia eksotis alang kepalang.
Menyusuri Indonesia, ibaratnya menyusuri taman surga. Ia kaya pesona alam, masyarakat serta budayanya. Tak akan cukup waktu menuliskan dalam paragraph sebuah novel. Sebab tiap keunikan punya cerita seribu satu malam. Indah tiada berperi. Pada tiap-tiap budayanya menyimpan sejarah dan cerita masa lalu. Entitas yang unik dan menarik. Tiap-tiap flora dan fauna memberikan identitas sejarah alam.
Indonesia adalah maha karya Tuhan. Seperti itulah ungkapannya tanpa keraguan.**
Source of Photos here from other web site, just click and u will be directly go to its source
Danau Toba

Borobudur temple

Belitong island

Mount Bromo


Posting Komentar untuk "Indonesia; Sebuah Maha Karya Tuhan"